DINAS PERIKANAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

“CALON LOKASI BUDIDAYA KEKINIAN (CLBK)” POKDAKAN CIPTA KERJA”

Admin
Rabu, 30 Agustus 2023
141 Dibaca
...

Suliki, 29 Agustus 2023 - Dinas Perikanan melalui Bidang Pemberdayaan Usaha Perikanan memberikan hibah bantuan kolam terpal kepada Pokdakan Cipta Kerja yang dihadiri oleh Bapak Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota dan jajaran, Kepala Dinas Perikanan dan jajaran, Anggota DPRD Doni Ikhlas, Kalapas Suliki Kamesworo, Camat Suliki, Koramil Suliki, Polsek Suliki. Pokdakan Cipta Kerja didirikan tahun 2021, terletak di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki.

Pada kesempatan itu Bupati Lima Puluh Kota, Bapak Datuak Bandaro Rajo menegaskan bahwa Budidaya ikan bisa dilaksanakan di kolam terpal serta di dalam ember (Budikdamber).

Demplot atau demonstration plot adalah suatu metode penyuluhan yang ditujukan untuk pembudidaya ikan dengan cara membuat kolam percontohan, agar pembudidaya ikan dapat melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan “ ungkapnya”.

Disisilain, Mohd. Siswanto selaku kepala DinasPerikanan menyebutkan bahwa, banyak cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan pemeliharaan atau budidaya ikan, mulai dari menggunakan kolam tanah, Keramba Jaring Apung (KJA), bahkan kolam terpal, yang penting adalah tersedianya media utamauntuk proses pemeliharaanikanyaitu air yang memenuhi syarat untuk pertumbuhan yang optimal.

Sebelum diberikannya bantuan, terlebih dahulu dilaksanakan bimbingan teknis / pelatihan kepada anggota Pokdakan Cipta Kerja “ujarnya”.

Lebih lanjut Mohd.Siswanto selaku Kepala Dinas Perikanan menyebutkan penyediaan benih ikan 20 juta ekor / bulan menjadi progul Dinas Perikanan yang digadangkan menunjang ekonomi produktif pelaku utama perikanan terutama kelompok pembudidaya ikan. Tujuan pelaksanaan demplot ini adalah memberi  wahana percontohan budidaya ikan dan mempercepat alih teknologi kepada pembudidaya ikan, penyuluh dan pelaku bisnis, khususnya di kelompok Cipta Kerja.

Demplot budidaya ikan lele diharapkan berdampak terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pembudidaya ikan, penyuluh dan pelaku bisnis dalam mengadopsi teknologi budidaya lele sehingga usaha pembudidaya ikan berkembang lebih besar.

 

Ray S.St.Pi

Berita terkait
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback