DINAS PERIKANAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA MENJADI JUARA UMUM LOMBA MASAK SERBA IKAN TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT

Admin
Kamis, 28 September 2023
119 Dibaca
...

Padang – Dinas Perikanan melalui Bidang Perlindungan Usaha Perikanan mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Perwakilan dari Kabupaten Lima Puluh Kota adalah Dini Supriatin dan Vivin Ayu Oktaviani. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Axana Kota Padang, Selasa (25/9).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Reti Wafda, M.Tp serta dihadiri Ketua Tim Penilai Lomba Kinerja Forikan Tingkat Sumatera Barat Farietmi.

Dalam sambutannya, Ny. Harneli Mahyeldi mengapresiasi Kerjasama DKP dan PKK Sumatera Barat untuk memperkenalkan ikan sebagai prioritas sebagai komoditas utama makanan sehat. Lomba masak serba ikan ini mulai disemarakkan dengan tujuan memberikan edukasi kepada Masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan. Terkhusus bagi anak-anak agar menjadi anak yang cerdas dan nutrisinya tercukupi.

“Agar ingin keluarga kita sehat dan juga cerdas, banyaklah makan sushi ikan setiap hari. Bila ingin keluarga kita sehat dan cegah stunting, kreasikanlah menu ikan setiap hari. Jangan jangan jangan, jangan ayam melulu…” sebuah lagu yang diciptakan Ny. Harneli dan dinyanyikan saat pembukaan acara.

Lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada Masyarakat luas serta menyebarkan informasi tentang ikan, olahan serba ikan serta kandungan gizi juga manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Terdapat Bazar Aneka Olahan Hasil Perikanan di acara ini serta diikuti dan dihadiri 19 Kota dan Kabupaten se-Sumatera Barat.

Pada kompetisi yang diadakan pada tahun 2023 ini, Kabupaten Lima Puluh Kota berhasil meraih 3 kejuaraan yaitu Juara 1 Menu Keluarga, Juara 1 Menu Balita dan Juara 2 Menu Kudapan serta menjadi Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Hasil prestasi berikut menjadi bukti nyata dari lihai dan keahlian serta dedikasi tinggi masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota dalam mengolah berbagai hidangan berbahan ikan yang lezat dan bergizi.

Piala penghargaan dan sertifikat diberikan secara langsung oleh Ibu Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat Harneli Mahyeldi dan diterima langsung oleh Dinas Perikanan Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu Sekretaris Dinas Perikanan Ibu Mayangsari Ekalisa, S.P, M.Si , Kepala Bidang Perlindungan Usaha Perikanan Ibu Roza Emildawati, S.Pi, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Perikanan Ibu Ira Mainaliza, S.Pi dan Peserta Lomba yang mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota.

Jenis olahan yang menjadi unggulan acara Lomba Masak Serba Ikan untuk Menu Keluarga yaitu Udang Gandum Daun Kari, Menu Balita yaitu Stim Ikan Sauce Ubi serta Menu Kudapan yaitu Fish Lemon Cake. Semua menu menarik hati dan minat yang mencicipi termasuk juri dan berbagai peserta yang mencoba saat pelaksanaan lomba. Inovasi menu olahan ikan yang mencampur padu cita rasa lemon cake dan ikan membuat masakan menjadi lezat tanpa mengurangi cita rasa kue yang telah diadon bersama ikan.

Akhirnya setelah beberapa tahun berlalu, Kabupaten Lima Puluh Kota maju ke babak Nasional untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam ajang Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional pada tahun 2024.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, apa yang kita lakukan selama kita yakin akan potensi maka kita akan menikmati hasilnya dikemudian hari sesuai kerja keras yang telah dilalui. LIMA PULUH KOTA BISA! FORIKAN JAYA!

Berita terkait
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback